Kesiswaan

Kamis, 13 Oktober 2011

PENYULUHAN CEGAH ANAK NAKAL DAN BAHAYA NARKOBA

By : Idham Muhtadin, SS

Pelaksanaan kegiatan pondok romadhon di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bulusari tahun ini terasa berbeda dibanding dengan  tahun sebelumnya. Pasalnya, pondok romadhon tahun ini yang diselenggarakan selama empat hari mulai tanggal 03 Agustus  2011 sampai dengan  tanggal 06 agustus 2011 selain diisi dengan materi keagamaan, juga diisi dengan penyuluhan tentang bahaya Narkoba pada hari jum’at 05 agustus 2011.
Bertempat di musholla MIN Bulusari kegiatan penyuluhan bahaya narkoba dilaksanakan dengan menghadirkan narasumber AIPTU Subasir (Kanit Bimas Polsek Gempol). Karena keterbatasan tempat, penyuluhan narkoba ini hanya diikuti oleh kelas empat, lima dan enam.
Dalam paparannya AIPTU Subasir menerangkan bahwa narkotika dan obat-obatan terlarang sangat berbahaya bagi siapa saja. Penyebarannya yang semakin luas di masyarakat sangat mengkhawatirkan khususnya bagi remaja dan anak-anak. Karena usia remaja dan anak adalah usia labil yang gampang dipengaruhi oleh hal-hal negatif  seperti narkoboba dan miras.
Pak “Basir” –sapaan AIPTU Subasir- juga menjelaskan tentang bahaya petasan dan kembang api yang kian marak diperjualbelikan selama bulan ramadhan ini. Pak  Basir juga menghimbau kepada seluruh siswa MIN Bulusari untuk tidak bermain petasan karena selain membahayakan bagi diri sendiri dan orang lain juga melanggar hukum dan dapat dipidanakan. Pemaparan dari Pak Basir sangat luwes sehingga para siswa sangat antusias dalam memperhatikan keterangan beliau, terbukti dalam akhir sesi banyak dari siswa yang bertanya kepada beliau tentang beberapa hal tentang Narkoba dan yang lainnya.
Seluruh siswa yang mengikuti penyuluhan ini mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan tersebut karena selain menambah wawasan juga dapat menghindarkan mereka dari perbuatan yang melanggar hukum yang selama ini mungkin tidak mereka ketahui. Sebelum berpamitan dari MIN Pak Basir menyempatkan diri untuk bertukar informasi dan berfoto dengan bapak Kepala Madrasah dan dewan Asatidz.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar